Rencana Pembelajaran
dan
Uraian Materi
Mata Pelajaran Matematika
Topik Bahasan
VEKTOR
(Perkalian Silang Vektor dan Sudut Antara Dua Vektor)
Sasaran
SMA/MA Kelas X Semester Genap
O
l e h
Emilda Fitri, S.Pd.
( MAN 2 Sungai Penuh ]
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUNGAI PENUH
KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KERINCI
Tahun 2011
RENCANA
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Satuan
Pendidikan : MA
Kelas/Program
Studi : XII/Ilmu
Alam
Semester : Genap
Pokok
Bahasan : Vektor
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
1. Standar
Kompetensi
Merancang dan menggunakan model matematika program
linear serta menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan barisan, deret,
matriks, vektor, transformasi, fungsi eksponen, dan logaritma dalam pemecahan
masalah.
2. Kompetensi
Dasar
2.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor
dalam pemecahan masalah;
2.2 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar
dua vektor dalam pemecahan masalah.
3. Indikator
3.1 Kognitif
1) Menentukan hasil kali skalar dan
hasil kali vektor di bidang dan ruang;
2) Menentukan sudut antara dua
vektor di bidang dan ruang;
3.2 Psikomotor
1) Terampil menggunakan
konsep vektor untuk memecahkan masalah baik dalam mata pelajaran lain maupun
dalam kehidupan sehari-hari;
3.3 Afektif
1) Menghargai pendapat teman;
2) Berani mengkomunikasikan
hasil pekerjaan kepada teman sekelas dan guru;
3.4 Life Skill
1) Mampu menggali informasi;
2) Mampu mengidentifikasi
masalah;
3) Mampu memecahkan masalah;
4) Mampu mengkomunikasikan
hasil yang diperoleh;
4. Materi
Pembelajaran
4.6 Perkalian Silang Vektor;
4.7 Sudut antara Dua Vektor di Ruang (R3);
5. Kegiatan
Pembelajaran
5.1 Model
Pembelajaran : Ekspositori
5.2 Pendekatan : Pemecahan
Masalah (soal)
5.3 Metode : Diskusi – Informasi
6. Sintaks
Pembelajaran
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Guru / Siswa
|
Life
Skill
|
1.
Apersepsi
2. Motivasi
3. Pengembangan
4. Penerapan
5. Penutup
|
Guru menjelaskan SK/KD dan siswa
memperhatikan;
Siswa diberi pemahaman tentang
pentingnya penggunaan vektor dalam menyelesaikan masalah;
Guru menjelaskan pokok-pokok materi
disertai contoh soal dan penyelesaiannya;
Siswa menyelesaikan soal-soal yang
diberikan guru atau dari buku;
Guru
mengarahkan hasil pekerjaan siswa untuk lebih memahami dan mendalami
konsep-konsep materi;
Menyimpulkan
(merangkum) hasil pekerjaan siswa disesuaikan dengan konsep materi yang telah
diberikan.
|
Menggali
informasi;
Menggali informasi;
Menggali dan
mengolah informasi, mampu berkomunikasi;
Mengolah informasi,
bekerjasama, mampu berkomunikasi;
Mampu berkomonikasi
dan menerima serta menghargai keputusan yang diambil.
|
7. Alat,
Bahan dan Sumber
7.1 Alat/Media : Slide
(Presentasi)
7.2 Bahan : —
7.3 Sumber : Buku
Paket Matematika dan buku-buku lain yang relevan
8. Penilaian
·
Tes dan Non Tes
·
Soal test
terlampir
Sungai
Penuh, Januari 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
Azharuddin. K, S.Ag Emilda
Fitri, S.Pd
NIP. 19520510 198303
1 002 NIP.
19790822 200312 2 003
URAIAN MATERI
A. Perkalian Silang Vektor (Cross Product)
Jika
diketahui vektor u dan v,
sudut yang
dibentuk oleh keduanya sama dengan ,
maka:
Perkalian
silang vektor menghasilkan sebuah vektor.
Arah
vektor hasil perkalian silang adalah tegak lurus pada kedua vektor dan memenuhi
aturan tangan kanan.
|
menurut
aturan tangan kanan maka:
Hasil
perkalian silang ini memiliki sifat urutan berputar dan dapat diingat dengan
berpedoman pada gambar lingkaran di samping.
Perkalian
skalar dua vektor dalam bentuk komponen:
Salah
satu cara untuk menentukan perkalian silang vektor dalam bentuk komponen adalah
dengan berpedoman pada penentuan nilai determinan matriks ordo 3 dengan cara
Sarrus.
Misalkan vektor
Maka:
|
|
|
|
|
B. Sudut antara Dua Vektor di Ruang (R3)
Dari
rumus:
Misalkan: sudut antara vektor satuan i
dengan vektor u
sudut antara vektor satuan j dengan vektor u
sudut antara vektor satuan k dengan vektor u
Sudut-sudut
a, b,
g disebut
sudut-sudut arah vektor u dan
cosinus
dari sudut-sudut tersebut dinamakan cosinus arah.
Jika diperoleh:
Vektor
Sudut
antara kedua vektor:
H. Contoh Soal dan Pembahasan
1. Diketahui
koordinat
a) Nyatakan komponen dari.
b) Nyatakan sebagai
kombinasi linear vektor basis.
c) Hitung panjang .
Jawab:
a)
2. Tentukan
besar sudut antara vektor dengan
sumbu-sumbu koordinat.
Jawab:
Misalkan:
sudut antara vektor u dengan sumbu X
sudut antara vektor u dengan sumbu Y
sudut antara vektor u dengan sumbu Z
3. Diketahui
vektor . Tentukan besar sudut antara vektor a dan b.
Jawab:
Misalkan q adalah sudut antara vektor a
dan b
4. Ditentukan
vektor . Hitunglah a x
b.
Jawab:
|
|
|
I. Uji Kompetensi
1. Diketahui vektor . Tentukan besar sudut antara vektor u dengan sumbu-sumbu koordinat.
Jawab:
Misalkan:
sudut antara vektor u dengan sumbu X
sudut antara vektor u dengan sumbu Y
sudut antara vektor u dengan sumbu Z
2. Posisi sebuah pesawat pada
waktu t jika disimulasikan dalam ruang ditentukan oleh vektor Pada waktu t = 1 pesawat berada
di posisi A dan akan berada di posisi B setelah
t = 2. Hitung jarak tempuh pesawat dari posisi A ke B.
Jawab:
Posisi pesawat ditentukan oleh vektor (t,2t, -t)
Pesawat di posisi A (t = 1) yaitu pada koordinat (1, 2, -1)
Pesawat di posisi B (t = 2) yaitu pada koordinat (2, 4, -2)
Jarak posisi A dan B:
Jadi, jarak tempuh pesawat dari posisi A ke B
adalah satuan panjang.
3. Ditentukan vektor . Hitunglah a x (b + c)
Jawab:
J. Soal Latihan
1. Bila , tentukan besar sudut antara a dan b.
Jawab:
mantap
BalasHapus