Rencana Pembelajaran
dan
Uraian Materi
Mata Pelajaran Matematika
Topik Bahasan
LOGIKA MATEMATIKA
Sasaran
MA Kelas X Semester Genap
O
l e h
Emilda Fitri, S.Pd.
( MAN 2 Sungai Penuh ]
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUNGAI PENUH
KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KERINCI
Tahun 2011
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN 2 Sungai Penuh
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh)/Genap
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan logika matematika dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor.
Kompetensi
Dasar : 4.1.Memahami
pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.
4. 2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk
Indikator : 1. Menjelaskan
arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai
kebenaran suatu pernyataan.
2. Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta
nilai kebenarannya.
3. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk
konjungsi, disjungsi.
4. Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi.
4. Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik
dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan. (nilai yang ditanamkan: Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik
dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai
kebenarannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
B. Materi Ajar
a. Pernyataan dan nilai kebenarannya.
b. Kalimat
terbuka dan himpunan penyelesaiannya.
c. Ingkaran
atau negasi dari suatu pernyataan dan nilai kebenarannya.
d. Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi.
e. Ingkaran
(negasi) dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi.
C. Kegiatan
Pembelajaran
a.
Model Model
Pembelajaran : Ekspositori
b.
Pendekatan : Pemecahan Masalah
(soal)
c.
Metode : Diskusi –
Informasi
D. Alat, Bahan dan
Sumber
a. Alat/Media : Slide (Presentasi)
b. Bahan : —
c. Sumber : Buku Paket
Matematika dan buku-buku lain yang relevan
E. Penilaian
·
Tes dan Non Tes
·
Soal test terlampir
Sungai
Penuh, Januari 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
Azharuddin. K, S.Ag Emilda
Fitri, S.Pd
NIP.
19520510 198303 1 002 NIP.
19790822 200312 2 003
URAIAN MATERI
Pernyataan , Kalimat Terbuka dan Nilai Kebenaran
A. Pernyataan dan Kalimat Terbuka
1 1. Pernyataan adalah kalimat yang mempunyai
nilai kebenaran yaitu nilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak dua-duanya pada saat yang sama.
Suatu peryataan biasanya dilambangkan dengan huruf kecil seperti a, b, , d, …. Dan seterusnya. Pernyataan yang berdasarkan observasi (data) empirik disebut pernyataan empirik. Sedangkan pernyataan yang bernilai kebenaran mutlak disebut pernyataan non empirik.
Contoh :
1. Semua binatang berkaki empat (salah)
Suatu peryataan biasanya dilambangkan dengan huruf kecil seperti a, b, , d, …. Dan seterusnya. Pernyataan yang berdasarkan observasi (data) empirik disebut pernyataan empirik. Sedangkan pernyataan yang bernilai kebenaran mutlak disebut pernyataan non empirik.
Contoh :
1. Semua binatang berkaki empat (salah)
2. 5 + 3 = 8
(benar)
3. sin²
x +
cos² x = 1 (benar)
2. Bukan pernyataan
adalah kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenaran.
2. Bukan pernyataan
adalah kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenaran.
Contoh
:
1. Siapa
namamu!
2. Tembaklah
burung itu !
3. Kalimat terbuka
3. Kalimat terbuka
adalah kalimat yang belum
mempunyai nilai kebenaran. Akan menjadi pernyataan jika peubahnya diganti dengan anggota semua pembicaraannya.
Contoh
:
1. x - 5 < 9
2. x² + 4x – 12 = 0
B. Operasi logika
1.
Negasi (ingkaran)
yaitu pernyataan baru yang nilai
kebenarannya berlawanan dengan pernyataan semula.
Negasi p
ditulis – p , atau ~ p
P
|
~
p
|
B
|
S
|
S
|
B
|
Contoh :
P : Siti memakai baju merah
~P : Siti tidak memakai
baju merah
: Tidak benar Siti memakai baju
merah
2.
Konjungsi
Yaitu pernyataan baru yang
merupakan gabungan dua pernyataan dengan menggunakan kata hubung “dan “.
Lambang dari dan adalah
Tabel
kebenaran konjungsi
p
|
q
|
p q
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
Contoh :
p :
2 + 5 = 7
q :
9 adalah bilangan ganjil
p Ù q : 2 + 5 = 7
dan 9 adalah bilangan ganjil
3. Disjungsi
Yaitu pernyataan baru yang
merupakan gabungan dua pernyataan dengan menggunakan kata hubung “atau “.
Lambang dari dan adalah
“ v “
Tabel Kebenaran Disjungsi
p
|
q
|
p v q
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
Contoh :
P : Jakarta adalah ibu kota Indonesia (B)
q : Jakarta terletak di Pulau Jawa (B)
p V q : Jakarta adalah ibu
kota Indonesia dan terletak di Pulau Jawa (B)
C. UJI KOMPETENSI
1.
Di bawah
ini yang manakah dari kalimat-kalimat berikut yang merupakan pernyataan, bukan
pernyataan, dan kalimat terbuka ?
a.
Akar kuadrat
dari 324 adalah 18
b.
Hati-hatilah
di jalan!
c.
Berapakah akar 5
itu ?
d.
3x –
5 = 4
e.
Matahari
terbenam di sebelah barat
Jawab :
a.
Akar
kuadrat dari 324 adalah 18 adalah pernyataan bernilai benar
b.
Hati-hatilah
di jalan! adalah bukan peryataan
c.
Berapakah akar 5
itu ? adalah kalimat terbuka
d.
3x –
5 = 4 adalah kalimat terbuka dengan x = 3
e.
Matahari
terbenam di sebelah barat adalah prnyataan
bernilai benar
2.
Diketahui
:
P : Hari sudah
malam
q : Deni bermain
di halaman
tentukan simbol
logika yang sesuai dengan pernyataan “ Tidak benar bahwa hari sudah malam atau
Deni bermain di halaman”!
Jawab :
P : Hari sudah
malam
q : Deni bermain
di halaman
simbol logika yang
sesuai dengan pernyataan “ Tidak benar bahwa hari sudah malam atau Deni bermain
di halaman” adalah ~ p v q
3.
Jika p : “
5 adalah bilangan prima” dan “q : 5 adalah faktor dari 15” maka tentukan kalimat yang lambangnya ~q v ~p !
Jawab :
p : 5 adalah
bilangan prima
q : 5 adalah
faktor dari 15
~q v ~p ekuivalen 5
bukan faktor dari 15 atau 5 bukan bilangan prima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar