Rencana
Pembelajaran
dan
Uraian Materi
Mata Pelajaran Matematika
Topik Bahasan
LOGIKA MATEMATIKA
Sasaran
MA Kelas X Semester Genap
O l e h
Emilda Fitri, S.Pd.
( MAN 2 Sungai Penuh ]
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUNGAI PENUH
KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KERINCI
Tahun 2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN 2 SUNGAI PENUH
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Kompetensi Dasar : 4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor
Indikator :
1.
Menentukan
nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi
dan implikasi.
2. Menentukan
ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi,
disjungsi dan implikasi.Menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari
pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
3. Menentukan nilai kebenaran dan ingkaran
dari suatu pernyataan berkuantor.
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (8 x pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menentukan nilai
kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentukkonjungsi, disjungsi,
implikasi, dan biimplikasi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau
negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi,
dan biimplikasi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik dapat menentukan konvers,
invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai
kebenarannya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d. Peserta didik dapat menentukan nilai
kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi
tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk
berbentuk, implikasi, biimplikasi.
b. Ingkaran (negasi) dari pernyataan majemuk
berbentuk, implikasi, biimplikasi.
c. Konvers,
invers, kontraposisi.
d. Nilai kebenaran dari pernyataan berkuantor dan ingkarannya.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menentukan
nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor
|
·
Menentukan
ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor
|
·
Siswa
dapat Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor.
|
D. Alat, Bahan dan Sumber
a.
Alat/Media : Slide (Presentasi)
b. Bahan : —
c.
Sumber : Buku Paket Matematika dan buku-buku lain yang relevan
E. Penilaian
·
Tes dan Non Tes
·
Soal test terlampir
Sungai
Penuh, Januari 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
Azharuddin. K, S.Ag Emilda
Fitri, S.Pd
NIP. 19520510 198303
1 002 NIP.
19790822 200312 2 003
URAIAN MATERI
A. Implikasi
(pernyataan bersyarat/conditional)
Kalimat “ jika p maka q “ disebut implikasi , dilambangkan “ p q “
p disebut
antesenden ( sebab/ alasan/ konklusi)
q disebut
konsekuen ( akibat/ kesimpulan/ konklusi)
p
q dapat dibaca juga sebagai :
1) p
hanya jika q
2) q jika p
3) p
syarat cukup bagi q
4) q
syarat perlu bagi p
Implikasi bernilai salah hanya apabila antasedennya benar dan
konsekuennya bernilai salah.
Tabel
Kebenaran Implikasi
p
|
q
|
p q
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
Contoh :
1. Jika
2 bilangan prima maka Klaten ada di Jawa tengah.
2.
Tentukan nilai kebenaran dari bentuk implikasi berikut
:
Jika log 5 + log 15 = log 200, maka log 15 – log 5 = log
3
Jawab :
p : log 5 + log 15 = log 200
q : log 15 – log 5 = log 3
karena pernyataan
p bernilai salah dan pernyataan q benar
maka : p
q = B
B. Biimplikasi
( implikasi dua arah atau pernyataan
ganda )
Pernyataan majemuk lainnya yang terkait dengan bentuk implikasi adalah
biimplikasi. Pernyataan biimplikasi dari dua pernyataan p dan q dinotasikan
sebagai p
q dibaca : “ p jika dan hanya jika q “
Suatu biimplikasi memiliki nilai
kebenaran benar, jika anteseden p dan konsekuen q memiliki nilai kebenaran yang
sama.
Tabel
kebenaran biimplikasi
p
|
q
|
p
q
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
Contoh :
1. Diketahui
p : Andri lulus ujian nasional
q : Andri melanjutkan ke perguruan tinggi
q : Andri melanjutkan ke perguruan tinggi
Nyatakan
pernyataan majemuk di atas dalam bentuk logika matematika!
Jawab
p q = ” Andri lulus ujian nasional jika dan hanya jika ia melanjutkan ke perguruan tinggi.
p q = ” Andri lulus ujian nasional jika dan hanya jika ia melanjutkan ke perguruan tinggi.
2. Tentukan
nilai kebenaran 2log 16 = 4 jika dan hanya jika 24 = 16
Jawab :
Karena pernyataan p bernilai benar dan q bernilai benar maka p q bernilai benar (B)
Karena pernyataan p bernilai benar dan q bernilai benar maka p q bernilai benar (B)
C. Konvers
, Invers, dan Kontraposisi
Misalnya diberikan suatu implikasi p q. Dari
implikasi tersebut dapat dibentuk pernyataan baru seperti berikut :
1. Konvers,
yaitu pernyataan yang berbentuk dari q p
2.
Invers, yaitu pernyataan yang berbentuk ~
p ~q
3.
Kontra posisi, yaitu pernyataan yang berbentuk ~ q ~p
Hubungan
implikasi , konvers , invers dan kontraposisi
Tabel nilai kebenaran
implikasi, konvers, invers dan kontraposisi
p
|
q
|
~p
|
~q
|
p=> q
|
q=> p
|
~p=> ~q
|
~q=> ~p
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Dengan melihat
tabel kebenaran di atas diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.
Implikasi ekuivalen dengan kontraposisi :
2. Konvers
ekivalen dengan invers :
Contoh :
Tentukan
konvers, invers, dan kontraposisi dari bentuk implikasi berikut ;
Jika matahari
tidak bersinar, maka hari hujan
Jawab :
Konvers :
Jika hari hujan, maka matahari tidak bersinar.
Invers
: Jika matahari bersinar,
maka hari tidak hujan.
Kontraposisi : Jika hari tidak hujan, maka
matahari bersinar
D. Pernyataan
Berkuantor
Suatu kalimat terbuka dapat di ubah menjadi suatu pernyataan dengan
menggunakan kuantor. Kuantor adalah suatu ungkapan untuk menyatakan “berapa
banyak”. Ada dua jenis kuantor yaitu :
a.
Kuantor Universal
Sebuah pernyataan dikatakan berkuantor
universal , jika pernyataan tersebut menggunakan kata: setiap, semua, dan
tanpa kecuali
Kuantor Universal mempunyai notasi : (x ) dibaca “untuk
setiap x atau semua x”
Contoh:
1.
(x ) ,x є R, x2 ≥ 0
2. Semua
siswa masuk kelas
b.
Kuantor Eksistensial
Sebuah
pernyataan dikatakan berkuantor eksistensial, jika pernyataan tersebut
menggunakan kata : beberapa, ada, di antara, sebagian,
dan salah satu.
Notasi
kuantor eksistensial : dibaca ada x
atau terdapat x
Contoh:
1.
x ,x є R, 2x – 1 > 0
2.
Beberapa pedagang kecewa.
E. Negasi
pernyataan berkuantor
Ingkaran untuk
pernyataan berkuantor dinotasikan sebagai berikut :
1.
2.
Contoh:
a. Negasi
dari” semua siswa berseragam pramuka” adalah “Beberapa siswa tidak berseragam pramuka”.
b. Negasi
dari” Beberapa petani merasa gembira” adalah “ Semua petani tidak
merasa gembira”.
c. Negasi
dari “ Semua ikan bertelur “ adalah” Ada ikan yang tidak bertelur”
F. UJI
KOMPETENSI
1. Diketahui p : Febri lapar
q :
Febri tidak membawa bekal
r
: Febri makan di kantin
Nyatakan
pernyataan di bawah ini dengan kalimat sehari-hari
a.
b.
Jawab :
p : Febri lapar
q : Febri tidak membawa bekal
r : Febri makan di kantin
a.
Jika Febri lapar dan tidak membawa bekal maka dia tidak
makan di kantin
b.
Febri makan di kantin jika dan hanya jika dia lapar
atau tidak membawa bekal
2.
Tentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari
implikasi “ Jika Danau Toba berada di Pulau Sumatra maka Indonesia berbentuk
kepulauan”
Jawab :
Implikasi : “Jika Danau Toba berada di Pulau Sumatra
maka Indonesia berbentuk kepulauan”.
Konvers : “Jika Indonesia berbentuk kepulauan maka Danau Toba berada
di Pulau Sumatra”.
Invers :
“Jika Danau Toba tidak berada di Pulau Sumatra maka Indonesia tidak berbentuk kepulauan”.
Kontraposisi : “Jika Indonesia tidak berbentuk kepulauan maka Danau Toba
tidak berada di Pulau Sumatra”.
3.
Tentukan negasi dari kalimat berkuantor berikut :
a.
Beberapa orang tidak suka berolahraga
b.
Jawab :
a.
~
(Beberapa orang tidak suka olahraga) = Semua orang suka berolahraga
b.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar